Rabu, 29 April 2015

TANGGUNG JAWAB


Tanggung Jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila, dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya. Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa mansuia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinnya. Jadi menurut saya tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya dan kalau terjadi sesuatu boleh dituntut, dipersalahkan, dan diperkarakan.

Tanggung jawab merupakan rasa yang harus ditanamkan sejak dini. Jika rasa tanggung jawab sudah terbiasa maka akan mampu memecahkan segala masalah dengan perhitungan resiko yang sangat kecil.
Salah satu contoh seorang anak diajarkan dengan kata- kata atau perlahan lahan dengan lagu - lagu membereskan tempat tidur  sebelum pergi kesekolah, bila anak itu melanggar di beri hukuman ringan perlahan perlahan. Mungkin dengan tidak memberinya uang jajan sekolah sebelum tempat tidurnya rapih. Anak itu akan terbiasa merapihkan tempat tidurnya bila kita mengajarinya tidak keras dan secara perlahan lahan.

Dan Rasa tanggung jawab itu sangat berguna sekali bagi manusia. Karena manusia di ciptakan sebagai makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan bantuan orang lain. Salah satu contohnya mahasiswa yang membutuhkan Dosen , untuk mengajari dan memperoleh ilmu pengetahuannya. Maka seorang mahasiswa harus bertanggung jawab untuk mendengarkanya dan mengerjakkan tugasnya . Maka seorang dosen pun akan sangat senang mengajar dan memberikan ilmunya.

Saya akan bercerita beberapa tanggung jawab yang pernah saya hadapi . Ketika pertama kali duduk diperguruan tinggi saya mempunyai  beban dan tanggung jawab yang sangat berat hingga saat ini. Saya tidak mau mengecewakan orang tua saya dan harus bertanggung jawab lulus tepat waktu dan mendapat gelar sarjana. Awal semester 1 tanggung jawab saya hampir luntur, karena saya sering tidak masuk kuliah pagi karena kesiangan. Dan akhirnya nilai ip saya 2.7 mungkin itu terkecil di kelas saya. Saya bertekad dan bertanggung jawab sebagai mahasiswa yang tidak mau mengecewakan orang tua.
Akhirnya bertekad untuk menaikkan ip diatas standar , Alhamdulillah sampai semester 7 sudah diatas standar. Dan berharap di semester terakhir rasa tanggung jawab masih melekat, menaikkan ip lebih tinggi lagi dan lulus tepat waktunya.

Adapun Tanggung jawab yang tidak bisa lepas sampai akhir ahyat
  • ·         Tanggung Jawab terhadap Tuhan
     Saya sebagai makhluk ciptaannya, saya harus menjalankan perintahnya dan menjauhkan larangannya. Apabila saya berbuat salah saya harus bertanggung jawab atas perbuatan itu karena Tuhan maha mengetahui segalanya,
  • ·         Tanggung jawab moral
     Tanggung jawab identik dengan tindakan moral. Tanggung jawab moral melingkupi tiga unsur: kebebasan bertindak dan tindakan integral tanggung jawab (lahir dari hati nurani).
  • ·         Tanggung jawa sebagai anak
Saya akan selalu membahagiakan  kedua orangtua, mengangkat derajatnya dan tidak mencemarkan nama baik keluarga.
  • ·         Tanggung jawab sebagai warga Negara
Saya sebagai seorang warga, seseorang bertanggungjawab kepada negara, misalnya membayar pajak dan mematuhi peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dalam peraturan-peraturan tertentu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar